NAMA : NOFFI IRMA YUNITA
NPM :
12141375 / 5 J
PENDIDIKAN SEKECAP YANG MEDATANGKAN
KEAJAIBAN-KEAJAIBAN
Guru
merupakan sosok yang memegang peranan
penting dalam sektor pendidikan bangsa dan negara dalam upaya membentuk
karakter dan kepribadian nilai – nilai
yang diinginkan. Dari dimensi hal
tersebut,peranan guru tidak mudah untuk digantikan.Dalam kondisi peranan guru,status
sosial,tingkat kesejahteraan dan tugas –
tugas guru memegang peranan cukup berat.Lebih – lebih di SD yang menggunakan
sistem guru kelas yang berarti guru memegang peranan penting serta multifungsi
dalam mengatur dan mengajarkan semua mata pelajaran.Sekalipun ada banyak
sekolah yang kelebihan guru dan banyak sekolah yang kekurangan guru.
Dalam kondisi guru yang ada
disekolah yang minim dan kurang,terkadang guru harus menangani dan mengatur
lebih dari satu kelas.Dalam hal tersebut berarti guru dikenal dengan
multifungsi.Multi mengajar dalam sektor mengurus dalam kegiatan belajar
mengajar,seperti mengajar dan mengampu semua mata pelajaran,menangani lebih
dari 2 kelas.Hal tersebut berakibat seorang guru terpontang – panting untuk
mengajarkan dari kelas satu ke kelas yang lain dengan tingkat kelas yang
berbeda.
Untuk dapat melihat fenomena –
fenomena hal tersebut tidaklah
sulit.Kita dapat bercermin dan melihat secara gamblang di daerah pedalaman yang
daerah jangkauan sekolahnya memerlukan waktu dan jarak tempuh yang sangat
jauh,belum lagi area jalanya yang sangat sulit.Sekolah – sekolah yang ada
diseluruh Indonesia terdapat ratusan sekolah yang masih kekurangan guru dan menerapkan
guru yang multi mengajar.
Apa yang perlu kita lakukan dan apa
yang perlu dibenahi dalam hal tersebut ? Siapa yang mau peduli dalam hal
tersebut.Dengan kondisi yang seperti itu,mereka pantang menyerah dan pamrih
menjalankan pengabdian dan melaksanakan tugas – tugasnya dengan baik.Seorang
guru dengan kendala bagaimana pun juga harus dapat terus maju mengemban amanat
mencerdaskan peserta didik agar dapat terus belajar dan mendapatkn ilmu yang
bermanfaat.Dalam setiap nalurinya sebagai seorang guru itu harus dapat berfikir
bagaimana peserta didik memperoleh pengajaran ilmu yang berguna ,memperoleh
kasih sayang dan memperoleh sentuhan walaupun cuma sekejap saja.Pendidikan
meskipun hanya sekejap saja itulah yang akan dilakukan oleh guru multi
pengajaran.Fenomena- fenomena semacam ini tidak mudah untuk dilalui karena
bagaimana pun juga sistem pengajaranya pasti cepat dan perkembangannya lambat.Tak
mudah untuk mencapai prestasi yang baik jika terus – terusan dengan perlakuan
tersebut di jenjang pendidikan selanjutnya.
Maka
dengan keajaiban – keajaiban yang seperti inilah bagi guru dan peserta didik yang ideal
untuk didapat dan diterima. Pendidikan sekejaplah yang mereka sebut
keajaiban.Semestinya keajaiban yang patut mereka peroleh adalah memeroleh
pengajaran yang baik,dengan fasilitas yang memadai,mendapatkan pengajaran dari
guru yang profesional dengan jumlah yang sesuai kapasitas sekolah dan peserta
didik serta dan mendapatkan ilmu yang berguna dan berdaya guna demi memajukan
bangsa dan negara khususnya bangsa Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar